Artikel Populer

KABID SMK LOUNCHING TF PROGRAM KEAHLIAN BP SMK N 2 AMBON

KABID SMK LOUNCHING TF PROGRAM KEAHLIAN BP SMK N 2 AMBON

AMBONMARINYONEWS.COM,-SMK Negeri 2 yang kini dikomandai Salem Nurdin, hari  Kamis (23/06/22) melakukan  Lounching Teaching Factory  (TF)  program studi keahlian Bisnis dan Pemasaran (BP). Acara tersebut berlangsung dihalaman SMKN 2,  lokasi desa Wayame.  Plt Kepala Dinas Insun Sangadji dalam sambutannya yang disampaikan Kepala  Bidang Pembinaan SMK Ibu Anisah menyatakan.  Teaching Factory adalah program yang menjembatangi pihak sekolah dengan dunia usaha/industri sesuai keahlian yang dimiliki peserta didik.

img-1656041888.jpg

Tujuannya mendidik siswa SMK mampu memproduksi barang/jasa layaknya perusahaan. Lanjutnya, apa yang kini terjadi  SMKN 2 penting sekali bagi pendidikan karakter, selain itu Teaching Factory (TF) melatih ketrampilan dan kompeten. Hingga pembelajaran TF, diyakini mampu menumbuhkembangkan etos kerja siswa yang baik dan bertanggungjawab. Dikatakan lagi melalui TF peserta didik mampu meningkatkan kwalitas pembelajaran dari kompetensi menuju ke pembejaran kemampuan memprodukdi barang/jasa.

img-1656041916.jpg

Dengan demikian sangat dibutuhkan SDM trampil dan itu diwujudkan melalui pendidikan kejuruan yang ada pada SMK. Sebagai pimpinan Dikbud   Sangadji optimis program sambut TF di SMK N 2 Ambon akan berjalan baik. Dirinya berharap hal ini akan menjadi pembelajaran yang sempurna untuk menjembatangi kompetensi antara pengetahuan yang diberikan disekolah dan kebutuhan dunia industri. Karena TF merupakan pengembangan unit produksi yakni penetapan sistem mitra di unit produksi  SMK.

img-1656041931.jpg

Melalui bidang usaha ini selain penambahan penghasilan sekolah dapat digunakan sebagai upaya pemeliharaan peralatan, peningkatan SMk. Juga meningkatkan pengalaman kerja yang benar-benar nyata pada siswa. Menurut dosen pertanian, dengan cara ini maka akan menumbuhkan karakter siswa yang baik. Serta berkwalitas menuju pembelajaran yang membekali kemampuan siswa itu sendiri. Dikarenakan sekarang ini SMK harus mengubah minset dan orientasi para peserta didik, tidak sekedar lulus dan peroleh  ijazah.

img-1656041944.jpg

Tetapi bagimana  mereka berusaha  mesti  unggul hingga akan tumbuh pengusaha-pengusaha  baru/ muda yang  tangguh dan unggul. Siap bersinergi  dan berkolaborasi  untuk majukan dunia usaha, industri dan dunia kerja. Selanjutnya Sangadji  berterimakasi kepada PT  Midi Utama Indonesia yang telah bertindak sebagai salah satu Iduka bagi SMK N 2. Kiranya kedepan dapat terus berkolaborasi  dengan Dikbud untuk  terciptanya lapangan kerja yang sesuai keahlian bagi peserta didik.

img-1656041967.jpg

Sementara itu kepala sekolah SMK N 2,  Salem Nurdin,  turut angkat bicara, yang pertama sangat bersyukur dan  berterima kasih kepada  Plt Kadis Insun Sangadji dan Kabid Ibu Anisah.  Dikarenakan begitu giat berikan suport bagu kami lembaga DMK N 2, hingga  kini boleh kami saksikan lounching Teaching Factory yang merupakan program Bisnis dan Pemasaran. Tanpa dukungan kedua pimpinan Dikbud  yang begitu gigih memberikan semangat dan  dukungan mungkin hari ini belum terlaksana.

img-1656041993.jpg

Semua yang disampaikan jadi pemaju dan semangat serta doa akhirnya boleh diresmikan outlet Teaching factory hari ini. Selain itu kami  berikan apresiasi yang besar  buat Iduka PT Midi Utama Indonesia,  telah bersedia menjadi mitra kerja yang sangat bersahaja sejak ditandatanganinya piagam kerja sama pada (10/09/21) mengenai pendidikan ritel. Lanjutnya SMK N 2 bersyukur dapat bersama sama dengan Iduka dalam program  link program link and macth sebagaj penyelarasan kurimulum.

img-1656042012.jpg

Lanjutnya sampai dengan hadirnya outlet di dalam lingkup SMKN 2 berkat usaha dan kerja dari dua kepsek terdahulu yaitu  Jhon Soukotta dan Andrieta Lusikoy yang telah merintis. Hingga kini outlet boleh diresmikan oleh kepala bidang pembinaan SMK Ibu Anisah mewakili Kadis. "Hadirnya outlet TF dapat digunakan peserta didik persiapkan diri miliki jiwa kewirausahaan, selain itu kreatif, berkarakter berkompetensi sesuai kebutuhan pasar kerja.

img-1656042037.jpg

Dengan kerjasama tersebut kami berharap mampu menghasilkan SDM  yang berkompoten.  Marilah kita bekerja, berkarya dengan ridho Allah,  SMK Bisa SMK Hebat Vokasi kuat menguatkan Indinesia. Sementara itu General Manager of Humas Capital PT Midi Utama Indonesia Kristy Isla turut berikan sambutan. Sangat berbangga hati dapat jalin kerja sama dengan SMK N 2 hingga boleh diresmikan  outlet TF dilingkungan sekolah SMKN 2. Disebutkan lagi  pendidikan sangat mendapat perhatian pihaknya karena merupakan  hak mutlak bagi generasi muda harapan bangsa.

img-1656042059.jpg

Sehingga kami sangat mendukung dunia pendidikan di 34 Propinsi termasuk Maluku. Dimana kami berperan penting mendisain  program yang kini kami terapkan berupa alva midi ples. Ada lagi alva midi clas, bisnis center dan lainnya, program-program tersebut  nantinya tetap akan dikolaborasi dengan Dikbud Maluku. Kata Kristy, tujuannya untuk pserta didik dapat belajar menyangkut berbagai hal sesuai keahlian yang dimiliki.

img-1656042094.jpg

Kerjasama SMKN 2 berkaitan dengan  berwirausaha, lanjutnya karena kita telah jalin kerjasama untuk pertama kali dengan SMK N 2 Ambon di Maluku. Maka sekolah tersebut akan miliki peluang untuk masuk dunia usaha tanpa tes. Selain itu kedepan Alva Midi pasti membuka peluang untuk yang  lainnya. "Kami sangat berterima kasih kepada  pemerintah Propinsi Maluku,  melalui Dikbud,  jika ada peluang kedepan kami siap berkolaborads. Sementara itu kepala Pembinaan SMK  Ibu Anisah saat meresmikan outlet TF menyatakan, besar harapan bisa banyak kompetensi keahlian yang akan siap berkolaboradi. Jangan terkesan yang terjadi dilapangan  lulusan SMK rasa SMA. 

img-1656042111.jpg

Padahal mereka itu disiapkan dibangku SMK  selesai sekolah dapat terjun buka lapangan pekerjaan  dengan berbagai keahlian yang dimiliki. Mengakhir kegiatan tersebut pihak Iduka berikan ungkapan terima kasih berupa bingkisan untuk Dikbud yang diterima Ibu Anisah. Selanjutnya setelah penguntingan pita dan membuka pintu,  Ibu Kabid SMK beserta  para undangan berbelanja barang yang dipancang.

img-1656042133.jpg

img-1656042145.jpg

(MN-02)






Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Perjalanan panjang suatu kehidupan dimulai dari hal kecil, sama spt media online yg baru muncul ini,...

DICTOTRAVEL

Media online merupakan salah satu media yg mudah dijangkau oleh siapapun hanya dgn menggunakan gadge...

ATOMY ANTI BOTAK

Selamat atas peluncuran website marinyonews.com. Selalu mendapat kesan di hati pembaca media online ...

Adrianus Trio

Proficiat....membawa kazanah baru di kota Ambon, sukses selalu. Jgn lupa yaaa ikut turut menghemat B...

STOKIS ECO RACING BSD CITY
Kategori