Artikel Populer

Quilette :  Teropsesi Hidupkan Musik Khas Maluku

Quilette : Teropsesi Hidupkan Musik Khas Maluku

Ambon, Marinyonews.com – Mengembangkan musik khas Maluku untuk sampai ke tingkat dunia tidak mudah, butuh kerja keras dan perjunganbahkan air mata untuk sampai pada pucak yang di inginkan.

Seperti yang dilakukan oleh Quilette de Fretes yang sejak berusia 10 tahun sudah terobsesi mengembangkan alat musik khas maluku Juk ukulele melalui taman sekolah Celcy Tutuatima.

Siswa kelas VI pada SD Tanah Tinggi Ambon ini mengawali keinginannya menjadi seorang pemain Juk Ukulele sejak Desember 2018, semenjak keinginannya dikabulkan oleh kedua orang tuanya, untuk membeli Juk Ukelele.

Tanpa diajari oleh siapapun  Quilette de Fretes yang sering disapa Ade belajar secara manual. Dan untuk menguasai alat musik khas maluku ini akhirnya nona manis bermata garida ini berlatih pada salah satu raja musik Ukelele Nicko Tulalessy.

Setelah mahir menggunakan Ukelele, Quilette de Fretes awalnya tapil dikalangan gereja dengan menyatikan lagu-0lagu rohani dan lagu yang paling senang dimainkan dengan di iringi musik Juklele adalah “ Takku Taukan Hari Esok”.  

Setelah kepercayaan semakin tinggi Nona asal Desa Kilang ini, mulai beranjak ke lagu-lagu ambon dan barat serta mengikuti berbagai iven dengan dukungan penuh kedua orang tuanya Yola Leiwakabessy dan Berly de Fretes.

Dalam menjalankan yang apa telah digelutinya selama ini Quilette de Fretes, memiliki moto dalam hidupnya yakni,  " Ubah Pikiranmu dan Kamu Akan Mengubah Dunia”  Artinya dengan talenta dari Tuhan Yesus  terus berkarya pada musik khas Maluku mulai dari kota Ambon, Nasional maupun internasional.

Mengingat Kota Ambon telah di juluki City Of Music, maka ini akan menjadi spirit dan semangat baginya untuk terus berkarya, agar Kota Ambon semakin jaya memalui musim tradisional khas maluku Juk Ukulele

"Pa Walikota/Wakil Walikota Ade terus berkarya untuk Ambon dan Maluku tercinta,  Minta kedua pimpinan punya perhatian supaya kota musik semakin berjaya" tuturnya.

Ade yang sering disapa guru dan teman-teman disekolah ini gembira karena alat musik yang sering dimainkan ini di dukung penuh oleh pihak sekolah.  

Disekolah Quilette de Fretes tidak hanya dikenal sebagai pemain musik saja, namun prestasinya dibidang pendidikan tidak kalahnya, buktinya siswa yang paling menyenangi pelajaran Bahasa Inggris dan IPA, pernah mewakili sekolah ikut lomba Sains IPA dan selama duduk dibangku sekolah selalu mendukung rangking 10 besar.  

Sementara itu Ibu tercinta Quilette de Fretes, Yola Leiwakabessy, begitu bangga dengan prestasi yang di peroleh Ade yang berkeinginan memajukan musik tradisional maluku.

Dan ini tidak terlepas dari campur Tuhan serta darah musik yang mengalir dalam tumbuh Quilette, dan sebagai orang tua kami mendukung penuh apa yang telah dicapai Quilette.

“ sebagai orang tua katong terus suport, kini bapaknya di Amerika tetapi terus komunikasi untuk tampil dan nanti Papa yang jadi penyumbang dana,  kami metada ini talenta yang Tuhan berikan buat anak bontot hingga terus dukung,” ujar  Leiwakabessy (MN.02)


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Perjalanan panjang suatu kehidupan dimulai dari hal kecil, sama spt media online yg baru muncul ini,...

DICTOTRAVEL

Media online merupakan salah satu media yg mudah dijangkau oleh siapapun hanya dgn menggunakan gadge...

ATOMY ANTI BOTAK

Selamat atas peluncuran website marinyonews.com. Selalu mendapat kesan di hati pembaca media online ...

Adrianus Trio

Proficiat....membawa kazanah baru di kota Ambon, sukses selalu. Jgn lupa yaaa ikut turut menghemat B...

STOKIS ECO RACING BSD CITY
Kategori