Artikel Populer

Mahasiswa KKN-PPM UKIM Angkatan XLVIII, Gelar Pelatihan Forum Anak di Dusun Waimahu

Mahasiswa KKN-PPM UKIM Angkatan XLVIII, Gelar Pelatihan Forum Anak di Dusun Waimahu

Ambon, Marinyonews.com – Mengakhir masa tugas KKN – PPM di Dusun Waimahu, akhirnya 16 Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Angkatan XLVIII, menggelar pelatihan Forum Anak bagi Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) Dusun Waimahu, dibawah binaan Pdt. E Pattinama dan Oliver Ririmase.  

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu, melibatkan kurang lebih 60 anak remaja yang terdiri dari empat sektor diantaranya, Sektor Eirene, Eibenhaizer, Eklesia dan Fajar.

Menurut Instruktur KKN-PPM UKIM Pdt. E Pattinama, Forum Anak yang digelar ini bertujuan, agar mereka dapat memahami apa yang menjadi hak dan kewajibannya, serta bagaimana anak menjadi bagian terpenting dalam masyarakat yang mesti harus di lindungi. Apalagi mereka merupakan aset masa depan bangsa dan gereja.

img-1584372186.jpg

Menurutnya, peranan anak dalam keluarga harus dielemenir, sehingga mereka mampu hidup mandiri dan dapat berperan sebagaimana mestinya. Sehingga Lanjut Pdt.E Patinama, peranan anak berupa hak anak, kesehatan anak, menabung anak, dasar teologi kristen bagi anak dan ruang belajar bagi anak, harus menjadi perhatian dan prioritas keluarga, demi meningkat pengetahuan dan cita-cita mereka di masa mendatang.

Selain itu kata Patinama, peran pemerintah dan gereja dalam melihat peran anak juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan, karena dengan perhatian itu anak –anak dapat timbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang verdas, sehat, ceria dan kreatif.  

“ Untuk itu, kedepan gereja mesti menaruh perhatian penting bagi anak yang adalah pustaka Allah.” Ungkap Pattinama

Sementa itu Pdt. Kakesina yang mewakili Ketua Majelis Jemaat memberikan apresiasi penuh kepada Mahasiswa KKN-PPM Ukim yang sudah hadir di Dusun Waimahu, untuk memberikan pemahaman dan ilmu yang sangat berarti bagi orang tua melalui kegiatan Forum anak ini.

Kakesina berharap, lewat Forum Anak ini menjadi pembelajaran bagi orang tua, gereja dan pemerintah, untuk sama-sama melihat berbagai problem kehidupan dan anak dan sama –sama mencari solusi dan jalan penyelesaikan, sehingga anak-anak di Dusun Waimahu ini bisa tumbuh dan kembang seperti anak-anak lainnya.  

Disamping itu Benny Salamor yang mewakili Plt. Kades Waimahu, dalam kesempatan yang sama juga memberikan apresiasi bagi KKN-PPM UKIM Angkatan XLVIII,  yang melalui kuliah kerja nyata dan pengabdian pada masyarakat buat yang terbaik bagi anak di  jemaat GPM Syaloom Waimahu.

Menurutnya, kegiatan ini juga menjadi salah satu program pemerintah untuk menunjukkan kapan anak bertindak, sehingga sudah sepantasnya  kita semua mendukung anak-anaka terutama remaja untuk siap tampil cerdas serta inovasi dalam mengambil keputusan.

img-1584372288.jpg

Sementara itu Panitia Forum Anak dalam laporannya menjelaskan, tujuan dilaksanakan Forum Anak ini, agar mereka memehami hak-haknya sesuai dengan Undang-Undang yang dikeluarkan pemerintah.

Selain itu anak menjadi bagian dari masyarakat yang mesti dilindungi karena merupakan aset masa depan bangsa dan gereja.

Dalam Forum Anak ini, menghadirkan pemateri yang  berasal dari berbagai Fakultas di dalam lingkup UKIM yang ikut KKN serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui Bidang Pemenuhan Hak Anak yang disampaikan salah satu Yossi Matulessy sebagai Kepala Seksi (MN.02)


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Perjalanan panjang suatu kehidupan dimulai dari hal kecil, sama spt media online yg baru muncul ini,...

DICTOTRAVEL

Media online merupakan salah satu media yg mudah dijangkau oleh siapapun hanya dgn menggunakan gadge...

ATOMY ANTI BOTAK

Selamat atas peluncuran website marinyonews.com. Selalu mendapat kesan di hati pembaca media online ...

Adrianus Trio

Proficiat....membawa kazanah baru di kota Ambon, sukses selalu. Jgn lupa yaaa ikut turut menghemat B...

STOKIS ECO RACING BSD CITY
Kategori